PELATIHAN TPK BEKERJASAMA DENGAN PERUSAHAAN SEMEN HOLCIM

WONOASRI - Pada bulan Maret 2013 UPK Kecamatan Wonoasri pasca Musyawarah Desa Informasi dan sebelum tahapan pencairan dana BLM kegiatan dan tahapan pelaksanaan kegiatan prasarana, perlu mengadakan kegiatan pelatihan TPK. Selama ini pelaksanaan pelatihan TPK mulai PNPM-MPd ada di kecamatan Wonoasri tahun 2009 sampai dengan tahun 2012 yang dilaksanakan oleh UPK narasumber pelatihan berasal dari internal PNPM-MPd, baik itu dari FK dan FT kecamatan maupun dari Fasilitator Kabupaten (Pemberdayaan, Keuangan, Teknik). Pelatihan TPK dari tahun ke tahun tersebut yang narasumbernya berasal dari internal PNPM-MPd terlihat ada kejenuhan dan kebosanan dari peserta pelatihan dari segi materi maupun narasumbernya. Maka dari inisiatif pendamping (FK & FT) perlu adanya penyegaran pelatihan TPK. Inisiatif penyegaran pelatihan TPK tersebut adalah mencoba menjalin kerjasama dengan pihak ke 3,dari beberapa alternatif pihak ke 3 yang bisa diajak kerjasama berkaitan dengan output pelatihan TPK adalah perusahaan HOLCIM. Perusahaan semen HOLCIM mempunyai tenaga trainer untuk memberikan pelatihan teknik infrastruktur mulai dari teknik dasar (pengetahuan dasar) sampai dengan teknik pelaksanaan (aplikasi dilapangan). Sebelum proposal kerjasama kita berikan kepada perusahaan semen HOLCIM kita koordinasikan terlebih dahulu lewat rakor kelembagaan (BKAD, BP-UPK, TV, UPK, PL, dan PJOK), hasil rakor kelembagaan menyetujui untuk bekerjasama dengan perusahaan semen HOLCIM.

Proposal kerjasama kita berikan pada perusahaan semen HOLCIM untuk diketahui dan dipelajari. Dari proposal tersebut akhirnya perusahaan HOLCIM berkenan bekerjasama dengan UPK Kec. Wonoasri untuk memberikan kontribusi pelatihan TPK, baik itu narasumber, konsumsi, material untuk praktek lapang, souvenir untuk peserta pelatihan, panitia, dan kelembagaan.

Pelaksanaan pelatihan berjalan dengan nyaman, peserta pelatihan antusias menyimak materi yang diberikan narasumber yang berasal dari HOLCIM, materi yang diberikan antara lain: Mendasar berkaitan dengan pentingnya safety (keamanan pekerja dilapangan), materi dasar kualitas material, kualitas semen, kualitas campuran material, dan teknik aplikasi dilapangan membuat campuran material.

Kerjasama dengan pihak 3 dalam pelaksanaan pelatihan di tingkat kecamatan ini adalah pengalaman pertama kali, dan tidak menutup kemungkinan untuk menjalin kerjasama berkelanjutan baik dengan perusahaan HOLCIM maupun pihak-pihak yang lainnya untuk mendukung pelaksanaan program yang tidak hanya kegiatan pelatihan saja, tapi kegiatan-kegiatan lainnya yang sejalan dengan PNPM-MPd.


FT. Kecamatan Wonoasri (Dwi Kurniastuti)
Share this article :
 

We say today with...

Total Pageviews

Sekretariat PNPM MPd Kab. Madiun : Jl. Branjangan I B No. 14 Kec. Jiwan Kab. Madiun email: ppk_madiun@yahoo.com
 
Support : Copyright © 2011. PNPM-MPd Kab Madiun - All Rights Reserved
Created and Support By a.n.i.s Proudly powered by Blogger