PELATIHAN KPMD KECAMATAN DAGANGAN

Dagangan - Sebuah program yang dapat dikatakan baik dan dapat berjalan sesuai dengan rencana, tentu tidak lepas kaitanya dengan apa yang disebut pendampingan. Pendampingan sangat esensial sekali diperlakukan untuk menggerakkan roda program itu sendiri. Contoh yang sangat sederhana sekali, seperti yang sering kita saksikan bahkan terapkan dilingkungan keluarga adalah mengasuh anak kecil. Untuk membuat karakter seorang anak agar menjadi anak yang yang berbudi luhur, berkepribadian, punya tanggung jawab berbakti pada orang tua, masyarakat dan Negara, sangat diperlukan terik-terik pendampingan yang tepat. Apalagi sebuah program besar bersekala nasional seperti PNPM-MPd yang menganut Azas Doum dan prinsipnya sangat mendasar, tentu tidak sederhana yang kita bayangkan. Pendampingan mutlak diperlukan sejalan dengan cita-cita luhur pemerintah yaitu, mengentaskan kemiskinan. Pendampingan terhadap kelembagaan dari sudut pandang yang berbeda sesuai catatan, rekaman dan kejadian yang pernah ada.

KPMD Kecamatan Dagangan dengan dukungan kelembagaan yang ada seperti Badan Kerjasama Antara Desa dan Badan Pemeriksa Unit pengelola kegiatan, tim verivikasi dan lembaga lainnya adalah mesin penggerak program yang mampu mengarahkan pada kemandirian masyarakat dan pelestarian program. Akan tetapi dalam kenyataanya belum optimalnya pergerakan itu terjadi masih ada ketimpangan disana sini seperti, ketidak aktifan, ketidak tahuan, pergantian pengurus baru, kesibukan, tidak cukup waktu, akibatnya keraguan-raguan muncul, keputus asaan timbul dan yang paling riskan tidak diketahuinya tugas dan tanggung jawab.

Berbagai alasan muncul, saya sibuk, ada kepentingan lain, ada perkawinan, tidak ada insentif dan lainnya . Gejala ini akan sangat berpengaruh jika dibiarkan terus menerus dan akan dapat mempengaruhi proses program yang sedang berlangsung.

Ingatkan anda, contoh kecil diatas tadi, mengasuh anak juga tidak ubahnya dengan kasus-kasus serupa, berbagai terik diperlukan untuk mengantisipasi itu. Untuk meninabobokan sianak kecil, agar tidak menangis dapat dengan kembang gula atau jika dianggap berbahaya dapat diganti dengan donggeng atau jalan-jalan kecil, bisa juga dengan hal-hal lain, tergantung tingkat kepekaan si pengasuh. Fasilitasi pendampingan sangat diperlukan dalam kasus-kasus seperti itu. Serupa tapi tak sama, itu kalimat yang sering kita dengar dan kita coba mencermati dari kalimat itu dengan melihat kasus-kasus diatas. Artinya yang serupa kita samakan dan yang tidak sama kita bedakan, setuju. Ada 4 komponen didalam strategi pendampingan dan tentu boleh ditambah atau dilengkapi lagi sesuai pengalaman berharga.

1. Orang Dewasa tidak perlu hadiah tapi penghargaan
Dalam kehidupan bermasyarakat lebih-lebih didesa pemberian penghargaan kepada seseorang sangat efektif untuk mengetuk hati yang paling dalam. Kita cukup bermain didalam hati. Artinya kita mengetuk hatinya untuk menjadikan dirinya sebagai sosok yang sangat penting di mata masyarakat. Sesuai hasil keputusan Musyawarah Desa bahwa mereka KPMD adalah satu-satunya pilihan masyarakat desa dan siap membantu masyarakat desa dalam kaitannya dengan program. Ini semua bertujuan untuk menemukan jati diri seseorang pengurus/petugas dan itu bukan mengada-ada realitas dilapangan memang seperti itu. Tidak ada yang bisa menyangkal. Pengahargaan memang mutlak diperlukan oleh semua orang. Baik orang miskin maupun orang kaya.

2. Kesungguhan
Adalah sebuah dorongan yang lahir dari hati nurani dan dilakukan dengan tulus iklas. Atau sebuah motifasi yang melahirkan semangat dalam melakukan tugas dan tanggung jawab. Kesungguhan ini dapat diaplikasikan dengan fakta seperti pendampingan ekstra, maksudnya dari sisi waktu lebih sering, dari sisi materi lebih banyak, dari sisi pemberdayaan lebih dilibatkan dan dari sisi tugas /tanggung jawab lebih disandangnya. Sehingga semua menjadi tumpuan yang harus dikerjakan dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.Tanpa didasari dengan kesungguhan maka hasil pendampingan akan sia-sia

3. Sistem Sebuah program pemberdayaan lebih-lebih yang sarat dengan proses, maka sistem sudah tentu wajib dilakukan. Bagaimana memfasilitasi dalam pendampingan sistem dapat berjalan dengan baik. Seyogyanya ini sudah dapat berjalan dengan baik artinya siapapun dia yang terlibat dalam program tanpa terkecuali, harus menghargai yang namanya sistem yang dibangun. Ini akan meningkatkan martabat pelaku baik UPK, FD, TPK atau pelaku yang lainnya. Sistem dijadikan panglima tertinggi dalam menjalankan tugas. Tidak ada yang paling tinggi jabatannya dalam program terkecuali sistem itu sendiri. Pemahaman ini perlu ditanamkan dalam-dalam bagi pelaku dan pemerhati pemberdayaan masyarakat.

Substansi dari sistem yang dimaksud dapat dijabarkan lagi dalam memperkuat dan menjadi terik-terik yang dapat di penuhi demi suksesnya pendampingan antara lain :

a. Ilmu pengetahuan dan ketrampilan, sebuah keharusan Inovasi dan kreasi, sangat dibutuhkan
b. Inovasi dan kreasi, sangat dibutuhkan


FK Kec. Dagangan (Rum Ahmadi)


Share this article :
 
Reaksi: 

We say today with...

Total Pageviews

Sekretariat PNPM MPd Kab. Madiun : Jl. Branjangan I B No. 14 Kec. Jiwan Kab. Madiun email: ppk_madiun@yahoo.com
 
Support : Copyright © 2011. PNPM-MPd Kab Madiun - All Rights Reserved
Created and Support By Ans.P.Ast Proudly powered by Blogger