Pembangunan Gedung TK Kec. Geger dan Polindes Kec. Dagangan

MADIUN KAB -  Gedung sekolah menjadi kebutuhan vital bagi masyarakt di Perdesaan. PNPM-MPd Kab. Madiun melalui Pokja RBM memfasilitsi pembangunan sejumlah gedung sekolah. Diantaranya, pembangunan gedung TK di Desa Sewulan, Dagangan tahun 2009 dan di Desa Pagotan, Geger tahun 2010. “Pembangunan didanai dari BLM dan swadaya masyarakt.” Ujar Sarkun, Ketua Pokja RBM kemarin (22/2).
Gedung TK Sewulan menelan anggaran Rp 127,5 juta dari BLM dan dari swadaya masyrakat Rp 23,8 juta. Sedangkan TK di Pagotan dialokasikan dana dari BLM Rp 149 juta dan swadaya masyrakat Rp 6,1 juta. Dua gedung tersebut kini sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakt sekitar. “Jumlah muridnya cukup banyak dan setiap tahun bertambah,” ungakpnya.
Tim FasKab meninjau dua gedung tersebut. Kondisi bengunan masih bagus dan terawat. Kepada Pengelola TK tim berharap gedung sekolah dirawat dengan baik. “Gedung ini merupaka jaerih payah masyarakt sendiri. Jadi harus dijaga dan dirawat dengan baik,” kata Sumarto, anggota Tim Faskab PNPM-Mpd kab. Madiun
Selain gedung sekolah, fasilitas pelayanan kesehatan juga dibutuhkan masyarakat. Melalui PNPM-MPd telah dibangun Polindes di Desa Prambon, Dagangan. Total biaya yang dikeluarkan Rp 113,7 juta dari BLM dan swadaya masyarakt Rp 8,4 juta. Di desa Jogodayuh, Pokja RBM juga memfasilitasi pembangunan Saluran Irigasi tahun 2010. Saluran yang dibiayai dari BLM sebesar Rp 185,7 juta dan swadaya masyarakt Rp 8 juta tersebut mampu mengairi areal sawah di Desa Nglandung dan daerah lainnya.


Share this article :
 

We say today with...

Total Pageviews

Sekretariat PNPM MPd Kab. Madiun : Jl. Branjangan I B No. 14 Kec. Jiwan Kab. Madiun email: ppk_madiun@yahoo.com
 
Support : Copyright © 2011. PNPM-MPd Kab Madiun - All Rights Reserved
Created and Support By a.n.i.s Proudly powered by Blogger