Infrasturuktur Kec. Kebonsari dan Kec. Dolopo

KEBONSARI - Pembangunan partisipatif berbasis pemberdayaan masyarakat secara konsisten dijalankan PNPM-MPd kabupaten Madiun. Sejumlah program pembangunan fasilitas umum dan infrastruktur yang dibutuhkan warga telah direalisasikan. Di Kec. Kebonsari, dibangun gedung TK di Desa Krandegan dan jembatan di Desa Sukorejo. Sedangkan di Kecamatan Dolopo dibangun ngedung Polindes di Desa Candimulyo dan Rabat jalan di Desa Blimbing.
"Seluruhnya didanai dari BLM dan swadaya," ujar Prawoto, Fasilitator PNPM-MPd kabupaten Madiun.
Pembangunan gedung TK Desa Kradegan yang dibangun 2009 menelan anggaran Rp 131,9 juta dari BLM dan 26,7 juta bersumber dari swadaya masyarakat setempat. Gedung itu dibangun untuk menoingkatkan pelayanan dan akses pendidikan warga setempat. Buktinya, saat pertama kali dibangun jumlah siswa hanya 20 orang. Sekarang jumlah siswa TK tersebut mencapai 60 orang. Gedung tersebut juga multifungsi karena sekaligus untuk TPA pada sore hari. "Ikut membantu meningkatkan mutu pendidikan di masyarakat adalah prioritas kami,". tambah Sarkun, ketua Pokja RBM Kab. Madiun. 
 
Menurutnya, PNPM-MPd juga memfasilitasi pembangunan jembatan yang menghubungkan Desa Sukorejo dan Tanjungrejo, Kebonsari. Jembatan yan gdibangun tahun 2011 lalu bersumber dari dana BLM Rp 165,8 juta dan swadaya masyarakat Rp 10,16 juta. Keberadaan jembatan tersebut penting bagi perekonomian masyarakat sekitar. "Distribusi hasil pertanian dan mobilitas masyarakat jadi lebih mudah. Tidak perlu memutar jauh."

Sedangkan di Kecamatan Dolopo, fasilitas umum yang direalisasikan adalah gedung Polindes di Desa Candimulyo. Gedung yang didanani dari BLM Rp 85,34 juta dan swadaya Rp 1,72 juta itu kini menjadi jujugan warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan. "Pasiennya tidak hanya dari Desa Candimulyo, tetapi juga sari luar desa,". Kata Sarkun.

Untuk menunjang kegiatna masyarakt, PNPM-MPd juga mendanai Rabat Jalan di Desa Blimbing, Dolopo dari BLM Rp 77,36 jutadan didukung swadaya masyarakat Rp 4,69 juta. Berkat pendampingan dari Tim fasilitator Kabupaten (Faskab) infrastruktur jalan yang sebelumnya rusak tersebut kini menjadi lebih baik. "Perbaikan dilakukan 2011 lalu." ujarnya.

Source: Radar Madiun Senin, 20 Pebruari 2011









Share this article :
 

We say today with...

Total Pageviews

Sekretariat PNPM MPd Kab. Madiun : Jl. Branjangan I B No. 14 Kec. Jiwan Kab. Madiun email: ppk_madiun@yahoo.com
 
Support : Copyright © 2011. PNPM-MPd Kab Madiun - All Rights Reserved
Created and Support By a.n.i.s Proudly powered by Blogger