PARTISIPASI MASYARAKAT KUNCI KEBERHASILAN PROGRAM


WONOASRI - Pelaksanaan PNPM MP di desa Wonoasri Kecamatan Wonoasri Kabupaten Madiun untuk Tahun Anggaran 2013 adalah kegiatan Rehab Jembatan. Kondisi Jembatan lama sudah tidak layak secara teknis untuk dilewati, sehingga membahayakan siapa saja yang melintasinya.

Bentuk kepedulian masyarakat dengan di danainya rehab Jembatan adalah dengan disepakatinya peran serta masyarakat dalam melaksanakan pembongkaran jembatan. Melalui koordinasi TPK, perangkat desa dan pelaku PNPM serta tokoh maysrakat dijadwalkan waktu untuk kerja bakti pembongkaran Jembatan lama. Pekerjaan pembongkaran relatif sulit karena harus membongkar jembatan lama mulai dari abutment sampai lantai dan sayap jembatan. Butuh waktu satu minggu bagi masyarakat untuk menyelesaikan pembongkaran dan memindahkan material. Dengan waktu mulai jam 7 pagi sampai jam 10 pagi. Tua muda, laki-laki perempuan guyup dalam kerja bakti tersebut dengan dikoordinasi oleh Kamituwo dan Plt. Kepala desa.

Fasilitator Teknik, pemberdayaan dan PJOK aktif memantau pelaksanaan swadaya, agar faktor keselamatan selalu diutamakan. Dan hasilnya, pembongkaran jembatan dapat selesai tepat pada waktunya, sehingga tidak menghambat pekerjaan utama.

Selain itu masyarakat cukup aktif dalam memantau pengiriman material ke lokasi. Baik kualitas maupun volumenya. Pada pengirimam yang pertama batu gebal ada campuran batu yang kualitasnya kurang baik, oleh masyarakat bersama TPK dilakukan komplain kepada supir Truk agar diganti dengan yang lebih baik. Hasilnya pada pengiriman selanjutnya material yang dikirim kualitas baik sesuai dengan spesifikasi teknis.

Dalam RAB tidak ada biaya untuk memberikan makan siang dan kopi kepada pekerja. Hal ini dipahami oleh masyarakat sebagai waktu untuk berpartisipasi dengan secara bergantian mengirim makanan kepada pekerja. Sehingga pekerja lebih semangat dalam bekerja dan sungguh - sungguh menjaga kualitas pekerjaan. Demikian sekelumit kisah partisipasi masyarakat yang masih menunjukkan sifat asli bangsa Indonesia yang selalu guyup rukun dalam melaksanakan pembangunan. Semoga ini menjadi inspirasi bagi kita semua untuk membawa semangat perubahan membangun negri.
Salam PNPM !!!


FT. Kecamatan Wonoasri (Dwi Kurniastuti)

Share this article :
 

We say today with...

Total Pageviews

Sekretariat PNPM MPd Kab. Madiun : Jl. Branjangan I B No. 14 Kec. Jiwan Kab. Madiun email: ppk_madiun@yahoo.com
 
Support : Copyright © 2011. PNPM-MPd Kab Madiun - All Rights Reserved
Created and Support By a.n.i.s Proudly powered by Blogger