PELATIHAN PEMBUATAN KRIPIK KELOMPOK SPP DESA SOBRAH KEC. WUNGU



       Sumber daya manusia merupakan salah satu indikator dalam penilaian tingkat kesejahteraan masyarakat, semakin tinggi kualitas sumber daya manusia dalam suatu wilayah semakin tinggi pula kualitas hidup masyarakat. Usaha untuk meningkatkan kualitas sumber daya  manusia dilakukan oleh pemerintah  dengan berbagai cara baik dengan  melalui pendidikan formal maupun informal yang pada intinya untuk memberikan sarana untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Salah satu program pemerintah yang dilakukan untuk meningkatakan kualitas sumber daya manusia yaitu PNPM-MPd, program ini menekankan pada pemberdayaan masyarakat disamping pembangunan sarana prasarana dasar yang mendukung peningkatan ekonomi masyarakat.

        Pada tahun anggaran 2013 Desa Sobrah Kecamatan Wungu mendapatkan pendanaan dari BLM PNPM-MPd untuk membiayai Pelatihan Pembuatan kripik. Pelatihan ini ditujukan untuk memberikan peningkatan sumber daya manusia melalui pembekalan pengetahuan dan keterampilan pada kelompok perempuan  dalam pembuatan kripik singkong, pisang, minuman secang dan minuman jambu biji. Keterampilan dan pengetahuan ini akan menjadi salah satu bekal untuk usaha bagi kelompok perempuan untuk membantu penghasilan sehari hari.
   



Pelatihan dilakukan selama 2 hari dengan Nara sumber dari UKM Permata Alami dari Desa Sirapan yang nantinya juga memberikan kesempatan kerjasama dalam pemasaran kepada produksi yang dihasilkan oleh kelompok dari Desa Sobrah. Disamping mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan pembuatan kripik, peralatan untuk produksi kripik disediakan dari pembiayaan dan BLM. Yang selanjutnya peralatan dihibahkan ke desa untuk dimanfaatkan bagi kelompok perempuan di desa Sobrah

Share this article :
 

We say today with...

Total Pageviews

Sekretariat PNPM MPd Kab. Madiun : Jl. Branjangan I B No. 14 Kec. Jiwan Kab. Madiun email: ppk_madiun@yahoo.com
 
Support : Copyright © 2011. PNPM-MPd Kab Madiun - All Rights Reserved
Created and Support By a.n.i.s Proudly powered by Blogger